Tips Mengelola Keuangan Untuk Liburan

20926300_s
+

Anda berencana untuk pergi berlibur? Sebelum Anda pergi, sebaiknya menyusun anggaran sehingga ketika usai liburan, Anda tidak pusing karena kehabisan uang. Berlibur memerlukan dana ekstra dan strategi perjalanan agar Anda tidak terjebak boros.

Ada cara agar Anda bisa mendapatkan liburan hemat tetapi tetap menyenangkan. Berikut beberapa tips jitu agar Anda tak akan kehabisan uang seusai berlibur:

Susun Rencana Liburan
Bagi sebagian orang, berlibur telah menjadi kebutuhan, apalagi mereka yang memang hobi melakukan perjalanan. Jika Anda termasuk di dalamnya, sisihkan dana liburan secara rutin dari penghasilan setiap bulan karena dalam satu tahun Anda kemungkinan besar akan melakukan perjalanan.

Kalaupun Anda melakukan liburan hanya sesekali, sebaiknya Anda menyisihkan dana sejak jauh hari sebelum berlibur. Liburan secara spontan akan mengakibatkan anggaran lebih besar dibanding liburan yang jauh terencana sebelumnya.

Tujuan, Waktu Keberangkatan, dan Lama Perjalanan
Komponen terbesar dalam anggaran liburan adalah biaya transportasi dan akomodasi. Sebelum menyusun anggaran ini, pastikan lebih dahulu tujuan, waktu keberangkatan dan lama perjalanan. Jangan memilih tujuan karena gengsi atau pengaruh orang lain.

Pilihlah tujuan karena Anda benar-benar ingin mengunjunginya dan akan sesuai dengan kantong Anda dengan perkiraan budget berapapun. Jangan memaksa memilih waktu keberangkatan karena euforia masa liburan. Di masa seperti ini transportasi dan akomodasi sedang di puncak harga termahalnya. Jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki putra-putri yang bersekolah, hanya inilah faktor yang membuat Anda terpaksa menyesuaikan dengan masa liburan sekolah mereka.

Transportasi
Makin jauh tujuannya, makin besar pula biaya transportasinya. Tapi dengan memastikan tujuan jauh hari sebelumnya, Anda akan memiliki banyak waktu mempelajari dan memilih moda transportasi yang sesuai dengan anggaran dan rencana perjalanan. Anda bisa mengkombinasikan moda transportasi tersebut. Misalnya, pergi dengan kereta api, pulang dengan pesawat terbang.

Akomodasi
Bila memilih tempat menginap semacam guest house, Anda dapat menghemat biaya konsumsi. Uang dialokasikan untuk membeli bahan-bahan mentah dan bumbu masak beserta peralatan makan. Namun tetap cadangkan biaya untuk tetap dapat menikmati hidangan lokal di lokasi wisata.

Internet dan Buku Panduan
Sering-seringlah memeriksa harga tiket transportasi dan akomodasi di internet. Siapa tahu Ada program diskon atau promosi yang menarik. Hampir semua moda tranportasi dan berjenis-jenis penginapan memiliki situs penjualan online. Jika Anda sudah punya pilihan, segeralah membeli/memesan secara online karena biasanya harga akan lebih murah dibanding membeli di loket atau agen perjalanan.

Selain harga, buku panduan juga sangat membantu memberikan informasi keadaan kota dan informasi lokasi-lokasi wisata. Tips-tips di buku ini banyak sekali manfaatnya untuk menyusun anggaran yang hemat.

Makanan
Pengeluaran untuk makan adalah paling utama saat berlibur. Dengan kreativitas dan perencanaan, Anda dapat menghemat uang dan membeli makanan yang tidak mahal tapi bukan junk food, untuk tiga kali sehari.  Saat menentukan tempat menginap, pikirkan kemungkinan menyewa tempat yang dilengkapi mini kitchen atau pantry dan microwave, kompor gas atau kompor listrik dan kulkas kecil untuk menyimpan bahan makanan. Guest house biasanya memiliki fasilitas ini.

Bekal Uang
Hindari membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Semakin sedikit uang tunai yang dibawa semakin sedikit risikonya. Uang tak mesti dibawa secara tunai. Jika Anda mementingkan kenyamanan dan keamanan, ada cara lain untuk tetap bisa memiliki uang tanpa memegangnya di tangan. Keamanan pribadi semakin meningkat dengan menggunakan metode-metode pembayaran elektronik Visa seperti kartu debit, kartu kredit, atau kartu pra-bayar (prepaid card).  

Memilih Lokasi Wisata
Manfaatkan city tour saat yang akan membawa Anda ke semua tempat daerah wisata hanya dengan membayar satu kali saja. Jangan lupa mengunjungi tempat wisata seperti museum, atau pantai. Di tempat wisata itu, Anda biasanya tak dikenakan biaya dan tetap bisa mengetahui kebudayaan serta keindahan alam negara tersebut.

Asuransi Perjalanan
Sangat penting memiliki pengaman saat berlibur, seperti asuransi. Namun mungkin hal terakhir yang Anda ingin lakukan adalah membayar asuransi dengan pertanggungan murah tapi harus membayar premi besar untuk membuat klaim. Saat memilih asuransi, lihatlah apa yang Anda butuhkan dan mempertimbangkan jenis liburan itu. Anda mungkin tidak berpikir akan melakukan kegiatan petualangan tetapi untuk beberapa perusahaan asuransi menganggap berkuda misalnya sebagai olahraga petualangan. Jadi pastikan asuransi mengamankan setiap kegiatan Anda.

Oleh-oleh
Oleh-oleh biasanya membuat Anda akan gelap mata dalam berbelanja. Jika terpaksa, belilah hanya untuk keluarga inti dan benar-benar untuk orang terdekat Anda. Untuk kelompok yang besar, berika saja satu bungkus permen atau coklat untuk dimakan bersama. Persiapkan daftar nama terlebih dahulu. Jika sudah selesai berbelanja sesuai daftar nama, segera tinggalkan kios penjual oleh-oleh.

Berlibur adalah kegiatan yang menyenangkan untuk semua orang. Tetapi jangan sampai anggarannya menggerogoti biaya tabungan penting lain sehingga Anda kehabisan uang sekembalinya dari berlibur. Bahaya, kan?

Nah, Keluarga Cigna, tentukan sekarang tujuan dan waktu keberangkatannya. Anda ingin berlibur sendiri, bersama teman-teman, atau keluarga? Selamat berlibur!

share to networksShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Leave a Reply

Note: Comments on the web site reflect the views of their authors, and not necessarily the views of the transfers internet portal. Requested to refrain from insults, swearing and vulgar expression. We reserve the right to delete any comment without notice explanations.

Your email address will not be published. Required fields are signed with *